UPTD KESEHATAN TIMURUNG KECAMATAN AJANGALE KABUPATEN BONE
Info Terkini :
Home » » Semangka Menyegarkan dan Menyehatkan

Semangka Menyegarkan dan Menyehatkan

Ditulis Oleh Dinkes Bone UPTD Timurung on Selasa, 21 Oktober 2014 | 23.14





Semangka mengandung banyak air, sekitar 92 persen. Selain sangat menyegarkan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi saat dimakan pada hari panas. Semangka juga mengandung sejumlah nutrisi yang bermamfaat bagi tubuh. Setiap gigitan buah semangka memberi anda Vitamin A, B6, dan C, serta banyak Lycopene, antioksidan, dan asam amino, bahkan juga potasium dan plus kudapan yang menyegarkan ini bebas lemak.
Menurut para ilmuwan kadar Lycopene pada semangka sangat tinggi, lebih tinggi dibandingkan pada produk segar yang lain. Lycopene adalah pigmen merah yang memberikan warna pada semangka, tomat dan jambu. Kandungan Lycopene semangka antara 15 dan 20 milligram per dua cawan saji atau sekitar 280 gram. Untuk memaksimalkan asupan Lycopene, pastikan semangka yang dimakan benar-benar sudah matang. Semakin merah buah semangka, semakin tinggi konsentrasi Lycopenenya.
Kadar Lycopene yang tinggi pada buah semangka efektif melindungi sel dari kerusakan. Lycopene juga bisa membantu mengurangi peradangan dan bekerja sebagai antioksidan untuk menetralkan radikal bebas. Ditambah lagi choline yang terkandung di dalam buah semangka bisa membantu mengurangi inflamasi .
Semangka juga mengandung asam amino sistrulin yang kemudian berubah menjadi asam amino arginin. Asam amino ini memperlancar aliran darah sehingga jantung juga akan sehat. Hasil studi tahun 2012 menunjukan bahwa ekstrak semangka bisa membantu menurunkan hipertensi pada orang dewasa yang kelebihan berat badan. 
Sementara Vitamin A yang terkandung dalam buah semangka sangat bagus untuk kulit. Satu cawan saji semangka saja mengandung hampir seperempat dari asupan harian Vitamin A yang disarankan. Vitamin A membantu kulit dan rambut tetap lembab dan memicu pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Kandungan Vitamni C dalam semangka juga menguntungkan karena mendorong pertumbuhan kologen. 
Dan seperti buah dan sayur yang lain, semangka membantu mengurangi risiko kanker lewat kandungan antioksidannya. Lycopene secara khusus berkaitan dengan pengurangan proliferasi sel kanker prostat menurut the National Cancer Instite.
EKSTRAK SEMANGKA BISA MEMBANTU MENURUNKAN HIPERTENSI PADA ORANG DEWASA YANG KELEBIHAN BERAT BADAN.

( sumber livescience dan mediacom edisi 50 juni 2014 by promkes UPTD Puskesmas Timurung )
KEBERSIHAN BAGIAN DARI IMAN :
KONTAK KAMI : UPTD TIMURUNG Jln. ........ Email : dinkesboneuptdtimurung@yahoo.com Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten bone Emailprokesdinkesbone@yahoo.com :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kreasi Website | DINKES BONE UPTD TIMURUNG | Sipakatau Bone | Teluk Bone | Latebo
Copyright © 2012. Dinkes Bone UPTD Timurung - All Rights Reserved
Template Modify by Kreasi Template Blogger Bone Teluk Bone
Proudly powered by Administrator