UPTD KESEHATAN TIMURUNG KECAMATAN AJANGALE KABUPATEN BONE
Info Terkini :
Home » » Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Membuat dan Memakai Jamban Keluarga di Desa Timurung.

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Membuat dan Memakai Jamban Keluarga di Desa Timurung.

Ditulis Oleh Dinkes Bone UPTD Timurung on Rabu, 22 Oktober 2014 | 05.38

Jajaran Dinas Kesehatan Kab.Bone lebih mengedepankan partisipasi masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatannya sendiri klhusunya di UPTD Puskesmas Timurung Kec.Ajangale Kab.Bone, Metode pemberdayaan masyarakat, metode partisifasi masyarakat dalam mengatasi setiap permasalahan kesehatan masyarakat terus digiatkan. Dengan bimbingan dan arahan Kepala UPTD Puskesmas Timurung ( Siwing,SKM) telah dilakukan beberapa kegiatan pelibatan partisipasi masyarakat, utamanya dalam hal pembuatan Jamban Keluarga.
Jamban Keluarga merupakan kebutuhan pokok masyarakat, namun masih banyak rumah tangga yang belum mempunyai jamban dengan berbagai alasan. Masyarakat harus diajak dialog dan bicara. Biarkan mereka yang memutuskan sedangkan kami hanya sebatas mempasilitasi.
Tahun 2014 ini telah diprogramkan kegiatan tersebut di empat(4) desa yang kegiatannya langsung setiap dusun. Metode Pemicuan Stop Buang Air Besar di Sembarang Tempat menjadi tema utama dalam kegiatan ini, Kegiatan pertama dilaksanakan di Desa Timurung Dusun Lompo Nene. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dusun, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Masyarakat pada umumnya khususnya yang belum memiliki Jamban Keluarga.Pelaksana kegiatan adalah petugas Kesehatan Lingkungan bersama petugas Promkes UPTD Puskesmas Timurung.Acara dimulai dengan kata pengantar dan apa yang mau kita lakukan, kemudian dilanjutkan tanya jawab kepada peserta untuk mengetahui apa permasalahan kesehatan yang ada ditempatnya dan kemudian kami memilih salah satu dari permasalahan yang muncul sesuai dengan apa yang kami rencanakan lalu disampaikan pada peserta untuk mereka wacanakan dan bahas diantara sesama yang hadir, dilanjutkan pemetaan rumah mereka masing-masing dengan melibatkan secara penuh para peserta untuk menemukan letak rumahnya, dilanjutkan kegiatan visual bagaimana lalat atau kecoa bisa memindahkan kotoran ke makanan dan minuman kita.Biarkan peserta yang mengambil keputusan dan menyimpulkan apa yang harus mereka lakukan.Kami hanya mengarahkan agar tetap fokus ketujuan utama, kemudian kontrak kerja yaitu kesediaan peserta yang belum punya Jamban untuk membuat Jamban secara pasti dengan menyebut tanggal dan kemudian akan dipantau langsung petugas kesehatan lingkungan.
Di Desa Timurung Dusun Lompo Nene yang hadir sekitar 32 orang dan belum punya Jamban ada 6 orang dan kesemuanya bersedia membuatnya dalam waktu dekat.
Visual kegiatan sbb:









by promkes UPTD Puskesmas Timurung



KEBERSIHAN BAGIAN DARI IMAN :
KONTAK KAMI : UPTD TIMURUNG Jln. ........ Email : dinkesboneuptdtimurung@yahoo.com Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten bone Emailprokesdinkesbone@yahoo.com :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kreasi Website | DINKES BONE UPTD TIMURUNG | Sipakatau Bone | Teluk Bone | Latebo
Copyright © 2012. Dinkes Bone UPTD Timurung - All Rights Reserved
Template Modify by Kreasi Template Blogger Bone Teluk Bone
Proudly powered by Administrator